Jumat, 18 Januari 2013

Periklanan Online dengan memanfaatkan Berbagai Layanan

Artikel

1.    Pendahuluan
1.1  Kutipan mengenai Periklanan Online

Salah satu atau dari banyak strategi periklanan yang digunakan saat ini adalah iklan online (online advertising) melalui internet. Dibandingkan dengan bentuk iklan lain seperti penggunaan papan reklame besar serta iklan TV, iklan online dan internet marketing atau advertising ini dianggap sebagai salah satu yang paling terjangkau namun merupakan bentuk iklan yang sukses. Hal ini karena harga yang relatif lebih murah dan jauh lebih mudah untuk dicapai(menuju sasaran), dibandingkan dengan mendirikan sebuah papan reklame,  iklan TV, brosur, ataupun majalah dan koran.

1.2  Pengertian Periklanan Online

Periklanan Online adalah metode periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. Meskipun kata itu sendiri menggambarkan hanya satu agenda, iklan online biasanya dibagi menjadi beberapa bagian atau teknik.

2.    Isi

2.1  Mengembangkan Iklan Online

Iklan merupakan bagian terpenting dari sebuah upaya promosi dan marketing. Iklan merupakan cara yang dilakukan sebuah perusahaan untuk mengingformasikan kepada para pelanggan mengenai produk atau jasa layanan yang ditawarkan. Melalui sebuah iklan konsumen akan dihasilkan oleh perusahaan. Membuat iklan memang membutuhkan anggaran tersendiri di dalam pengelolaan sebuah bisnis. Saat ini ada banyak cara untuk melakukan pemasangan iklan, kehadiran internet bahkan cukup mengalihkan popularitas sebuah media massa seperti media cetak misalnya. Orang-orang lebih betah berlama-lama membaca informasi berita di media jejaring sosial ketimbang membeli media cetak. Peluang ini sebenarnya sangat membantu untuk Anda yang memiliki modal terbatas dalam mengembangkan bisnis usaha misalnya, dengan membuat iklan di jejaring sosial dan memanfaatkan Toko Online.

2.2  Memanfaatkan berbagai berbagai sarana layanan

Mencari metode untuk meminimalis tarif pada mengiklankan produk pada media Iklan Online merupakan salah satu alasan utama orang atau perusahaan untuk menawarkan barangnya agar laku dipasaran. Banyak layanan yang menawarkan jasa periklanan dengan seseorang dengan seseorang user yang sedang beraktifitas di Situs tersebut bisa melihat Iklan Online.

            2.2.1 Layanan iklan online dari Search Engine Yahoo!

Layanan yang masih bersatatus Beta ini memungkinkan Anda untuk memodifikasi bentuk iklan yang akan terpampang di website. Pembayaran ongkos iklan dihitung berdasar cost-per-click, dan dilakukan lewat akun PayPal, cek, direct deposit, dan akun Yahoo!. Pada saat Anda mendaftar, Yahoo! akan mengecek apakah situs web Anda memenuhi persyaratan sebagai "plang iklan".  Syarat yang lain adalah dalan situs Anda tidak diperkenankan adanya broken link.Untuk mendaftar, Anda harus masuk ke http://publisher.yahoo.com.

            2.2.2 AdBrite (www.adbrite.com)

Bentuk layanan iklannya sangat beragam, mulai dari link ke dalam teks hingga berbentuk banner. Imbalan yang akan diberikan juga cukup bersaing dan menggunakan sistem penarifan cost per impressions dan cost per click.Selain itu Anda dapat leluasa menentukan iklan-iklan mana saja yang dapat dipampang di halaman wensite, sekaligus Anda dapat memodifikasinya. Jika Anda produsen barang dan membuat situs promosi yang dipasangi layanan AdBrite, fungsi penentuan display iklan tadi dapat mencegah pesaing Anda untuk memasang iklan di tempat Anda.

            2.2.3 Clicksor (www.clicksor.com)

Akun ini patut Anda pertimbangkan bagi Anda yang mempunyai banyak blog dan website. Karena dengan menggunakan clicksor inilah untuk semua ruang iklan di blog dan website tersebut. Bentuk iklan dapat dipasang beragam, mulai dari link teks, gambar, flash, animasi, banner, pop-up, interstitial ads, dan dynamic (DHTML) hihglighting. Anda tidak perlu memberikan data pajak jika mengikuti layanan ini. Dan pembayaran iklan akan dilakukan dengan kaun PayPal.

            2.2.4 Bidvertiser (www.bidvertiser.com)

Bidvertiser akan memberikan kebebasan kepada Anda untuk menentukan dimensi dan tampilan dari iklan yang dipasang di website Anda. Dan Anda akan dibayar dengan menggunakan cek dan PayPal jika website Anda berhasil menjaring pengunjung untuk mengklik iklan. Terdapat beberapa layanan iklan online yang lain yang tidak dapat saya sebutkan secara detail, yang bisa Anda gunakan untuk meraup rezeki dari area beriklan di website antara lain Chitika (www.chitika.com), AdToll (www.adtoll.com), Exit Junction (www.exitjunction.com), TargetPoint (www.targetpoint.com), FastClick atau ValueClick (www.valueclickmedia.com), Bloglads (www.bloglads.com), dan ClickThruTraffic (www.clickthrutraffic.com)

            2.2.5 Layanan jejaring Sosial

Kita sering melihat barang-barang atau produk-produk ditawarkan pada akun pada jejaring sosial, misalnya  twitter, facebook dan lainya. Iklan pada jejaring sosial tersebut merupakan bagian penting untuk mempromosikan produk dari seseorang maupun perusahaan agar produk yang ditawarkan dikenal orang.

2.3  Keunggulan dalam Iklan Online

Banyak cara terdorong dalam mempromosikan produk atau barang mereka yang ditawarkan pada Iklan Online itu juga yang mempengaruhi Keunggulan dalam hal tersebut. Keunggulan Iklan Online sebagai berikut:

1.    Selama kontrak, bisa dibaca berkali-kali, pembacanya tersebar seluruh dunia, tidak terbatas oplah apabila sistem kontrak.

2.    Dalam waktu yang sama, bisa dibaca ratusan, bahkan puluhan ribu orang. Tidak mustahil mencapai jutaan.

3.     Relatif lebih murah. Bahkan banyak yang menawarkannya secara gratis. Pembayaran sekali pasang untuk sejumlah klik/hit, lead atau impressionyang lebih mudah dimonitor secara terukur, bahkan secara real time, meskipun tiap klik/hit, lead atau impression tidak mesti membawa pembaca untuk membeli (konversi penjualan).

4.    Ada juga gratis, dengan menaruh produk tersebut pada Blog kita, mengeshare produk pada akun facebook, mentweet pada akun twitter dan lainya.

3.    Penutup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar