1. Latar Belakang Masalah
Perkembangan internet dan aplikasinya telah berkembang dengan sangat luas. Internet dapat diibaratkan seperti sebuah ruangan yang sangat luas dan berisi berbagai macam informasi yang mengalir dan silih berganti. Internet digunakan untuk berbagai macam bidang. Dari mulai bidang pendidikan, perdagangan, politik, hobi, ajang promosi dan lain sebagainya. Padatnya jumlah pegawai atau pencari kerja pada suatu perusahan, mendorong suatu perusahan besar atau kecil maupun badan usaha industri, untuk meningkatkan sumber daya manusia yang mengelola tingkat intelektualitas, serta kualitas dengan efektifitas dan efesiensi waktu didalam bekerja. Untuk memberikan arti tentang disiplin waktu dalam mengatur kegiatan kerja dan kegiatan diluar pekerjaan seperti melakukan perbaikan mobil atau perawatan mobil.
Disinilah penulis berusaha dan membuat sebuah website yang nantinya akan diharapkan dapat membantu dan mempermudah para pelanggan dalam melakukan perbaikan dan perawatan mobil dengan melakukan reservasi sebelumnya untuk mendapatkan nomor antrian. Nomor antrian yang akan digunakan pada saat melakukan perbaikan dan perawatan mobil.
PT. Setiajaya Mobilindo Cibubur yang bergerak dalam bidang otomotif, sampai saat ini pemesanan nomor antrian masih menggunakan sistem manual, sehingga akan memungkinkan terjadinya penyerobotan nomor antrian dan untuk menghindari kepadatan antrian di area bengkel. Untuk itulah penulis mencoba memberikan solusi didalam membantu proses pemesanan online pada PT. Setiajaya Mobilindo Cibubur, yakni dengan membuat “Aplikasi Website Reservasi Nomor Antrian Harian Bengkel PT. Setiajaya Mobilindo dengan menggunakan PHP dan MySQL”.
2. Batasan Masalah
Mengingat luasnya cakupan masalah dalam mengembangkan suatu website. Maka penulis membatasi cakupan pembahasan dalam pembuatan nomor antrian pelanggan dan mengolah data pelanggan dengan menggunakan PHP dan MySQL.
3. Tujuan Penelitian
Tujuan
dari penulisan ilmiah ini adalah mempermudah dan mempersingkat waktu
disela-sela padatnya aktifitas yang dimiliki pelanggan dalam merawat serta
memperbaiki mobil dengan melakukan reservasi pada bengkel PT. Setiajaya
Mobilindo Cibubur.
4. Metode Penelitian
Pengumpulan data yang digunakan penulis untuk memperoleh data serta informasi yang dibutuhkan melalui :
- Studi lapangan : Penulis terjun langsung ke PT. Setiajaya Mobilindo Cibubur untuk mendapat informasi yang aktual dan akurat.
- Studi pustaka : Selain studi lapangan penulis juga melakukan studi pustaka dimana penulis mencari data melalui literatur, buku-buku serta melakukan browsing internet.
5. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ilmiah ini terdiri atas 5 (lima) bab yaitu :
- Bab I: Pendahuluan, pada bab ini membahas mengenai latar belakang masalah yang dihadapi, batasan masalah, tujuan penulisan, serta metode penulisan dan sistematika penulisan.
- Bab II: Landasan Teori, pada bab ini membahas teori yang penulis gunakan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi serta pembahasan mengenai definisi reservasi, internet, bahasa pemrograman yang digunakan, beserta penjelasan singkat mengenai fungsi-fungsi database dan software yang digunakan dalam pembuatan website.
- Bab III: Tinjauan Umum Perusahaan, pada bab ini menjelaskan tentang keadaan umum PT. Setiajaya Mobilindo Cibubur.
- Bab IV: Analisis dan Pembahasan, pada bab ini akan dijelaskan cara-cara penyusunan serta langkah-langkah pembuatan website ini. Pada bab ini juga disertakan alur aliran data dari dan ke suatu halaman.
- Bab V: Penutup, Pada bab ini merupakan kesimpulan dari semua uraian dan penjelasan yang telah dijabarkan dari Bab I sampai Bab III serta penulis memberikan sedikit saran secara garis besar.
6. Daftar Pustaka
- Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP dan MySql Secara Otodidak. Jakarta: MediaKita.
- Ardhana, Ym Kusuma. 2012. PHP Menyelesaikan Website 30 Juta!. Jakarta: Jasakom.
- Hartono, Jogiyanto. 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
- Prasetyo, Didik Dwi. 2003. Tip dan Trik PHP dan MySQL. Jakarta: Elex Media Koputindo.
- Suartana, I Wayan. 1987. Prosedur Reservation Untuk Wisatawan Sebagai Media Pemesanan fasilitas Pariwisata. Jakarta: Balai Pustaka.
- Sumatrihartono, Bimo. 2001. PHP dan MySQL untuk Web. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
- Wiryana, I Made. 1997. Pengantar Internet. Jakarta: Universitas Gunadarma.
- Ashary, Fadhly. Pengertian UML (Unified Modeling Language) (online), (http://fadhlyashary.blogspot.com/2012/06/pengertian-uml-unified-modeling.html, diakses tanggal 18 Juni 2013).
- Hakim, Zainal. 2013. Membuat Nomor Urut Harian dengan PHP (online), (http://www.zainalhakim.web.id/posting/membuat-nomor-urut-harian-dengan-php.html, diakses tanggal 8 Juni 2013).
- Mkr, Satank. 2013. Menampilkan Tanggal dan Waktu saat ini dengan Javascript (online), (http://mkr-site.blogspot.com/2013/02/menampilkan-tanggal-waktu-jam-javascript.html, diakses tanggal 21 Juni 2013).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar