Rabu, 25 Juni 2014

GIS Yang Mampu Membaca Wajah berbasis Augmented Reality

GIS (Geographic Information System) adalah sebuah sistem informasi yang mampu mengelola data spasial yang bersifat geografis. GIS sekarang sudah banyak kita temui dan diterapkan dikehidupan sehari-hari. Semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi banyak mendorong setiap individu ikut turut serta dalam mengembangkan dirinya dengan memakai produk IT ataupun membuat produk IT tersebut.

GIS yang mampu membaca wajah seseorang digunakan agar seseorang dapat mengetahui sebenarnya keadaan yang ia rasakan dan dapat mengetahui tempat apa yang pantas untuk dikunjunginya. Alasan kenapa wajah seseorang yang menjadi objek dari aplikasi ini, yaitu :
  1. Dengan wajah kita biasanya mengetahui mood atau keadaan suasana hati seseorang.
  2. Dengan wajah pun kita dapat mengetahui karakter dari seseorang.
  3. Wajah juga dapat dijadikan untuk melihat kejujuran dan ketulusan apabila seseorang ada yang sedang berbohong ketika berbicara.

Sebenarnya tanpa kita membaca wajah pun kita dapat mengetahui keadaan seseorang dengan melihat emotions yang dikirimkan lewat berbagai aplikasi chat, e-mail dan message. Tapi untuk dapat benar-benar tahu suasana hati ataupun tingkat stres seseorang dengan melihat langsung dan dengan sharing dengannya.

GIS dalam membaca wajah ini digunakan untuk memberi tahu seseorang tempat apa yang tepat untuk dirinya agar dapat mengunjunginya. Aplikasi yang dibuat dengan tujuan sebagai berikut :
  1. Memberi solusi dalam mencari tempat apa yang tepat sesuai dengan mood seseorang.
  2. Membantu seseorang untuk mengetahui orang yang disukainya ingin pergi kemana.
GIS yang mampu membaca wajah harus dapat mengenali berbagai macam wajah yang menjadi tolak ukur mungkin dengan emotions yang ada pada berbagai online chat. Penulis hanya memberi contoh mungkin seperti gambar dibawah ini :

Senang = cocok untuk ke Margo City atau Cibodas
Langsung saja, cara kerja GIS Yang Mampu Membaca Wajah berbasis Augmented Reality, yaitu :
  1. Mengambil foto terbaru.
  2. Menyimpan foto untuk dibaca aplikasi.
  3. Menampilkan keadaan mood atau suasana hati seseorang.
  4. Menampilkan beberapa lokasi atau tempat yang kemungkinan tepat untuk disinggahi dalam ruang lingkup disekitar user berada.
  5. Menetapkan pilihan lokasi yang diinginkan.
  6. Menampilkan map letak lokasi yang dipilih.
Storyboard GIS Yang Mampu Membaca Wajah berbasis Augmented Reality :
1. Tampilan Awal

2. Tampilan Membaca Wajah



3. Tampilan Output Mood dari Gambar

4. Tampilan Output Lokasi yang dipilih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar