Senin, 25 Maret 2013

Etika Berinternet

Etika Berinternet itu Apa sih? Kalau menurut saya itu adalah cara atau sikap ketika sedang berinternet dengan menjaga prilaku dan perkataan saat berhubungan dengan orang yang dikenal maupun tidak dikenal. Dunia Maya itu sebenernya hampir mirip dengan Dunia Nyata(Real) maka tetaplah menjaga Etika berbicara, ketika berkomentar, berbisnis online, mendekati seseorang yang kita sukai dengan media sosial dan tetaplah waspada terhadap penipuan dalam berinternet dengan berbagai modus.

Sebagian hal-hal yang harus dperhatikan ketika anda berinternet :

  1. Banyak Teman tapi tetap waspada, bukan hal asing punya banyak teman ketika berinternet toh sekarang sudah bukan zaman jadul lagi karena disana-sini internet bukan menjadi hal yang tabuh lagi. Apakah anda waspada kepada orang-orang yang dikenal ataupun tidak yang sudah menjadi teman anda di dunia maya? Ini yang sekarang menjadi banyak di bicarakan media kabar, media elektronik dll. Banyak perkosaan akibat berkenalan di facebook, Banyak orang tertipu membeli barang online, dan sebagainya. Kewaspadaan dalam diri seharusnya terus ditingkatkan bukan di dunia nyata saja tapi dunia maya dengan makin berkembangnya kejahatan dalam internet.
  2. Jaga bicara ketika komentar, foruman, bisnis dan sebagainya ketika berada di internet, Hal umum yang sering ditemui seharusnya membatasi diri untuk bicara KOTOR, SARA, SINDIRAN dan Bahasa BINATANG. Apa pantas orang yang beretika berbicara seperti ini? Disini salinglah sharing kenapa kok kita sangat rentan dengan kata-kata itu. Jawabanya karena "TERBIASA". Jadi sekarang saatnya kita rubah pola hidup sehari-hari yang negatif tinggalkan yang postitif mari terus kembangkan.
  3. Hargai Karya Orang Lain, saya berpesan untuk disini yang rajin copas(copy paste) ya tetaplah menghormati karya yang disalinya dari web orang lain. 
  4. Carilah Sumber yang terpercaya tentang informasi apapun, Terkadang kita tak memperhatikan hal ini sangatlah penting apalagi menjelekan orang atau produk benarkah sesuai fakta yang aslinya atau hanya omong kosong, salah-salah kita malah bisa di tuntut dan bermasalah dengan yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar