Jumat, 22 Maret 2013

Ubuntu 12.10 VS Windows 8 : Which you are a choice?

Kali ini saya akan membahas tentang Sistem Operasi Ubuntu 12.10 dan lawanya yang memang sudah terkenal pamornya keluaran dari Microsoft yaitu Windows 8.

A. Ubuntu 12.10

Ubuntu bagi yang awam dengan dunia komputer mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Ubuntu ini adalah salah satu distribusi Linux (pesaing utama dari Windows) yang berbasiskan Debian. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari afrika Selatan yang berarti "kemanusian kepada sesama". Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Suttleworth. Ubuntu 12.10 yang telah diluncurkan pada tangga 18 Oktober 2012 dengan kode nama "Quantal Quetzal" adalah cikal bakal Linux untuk menyaingi Windows 8 otomatis dengan berbagai fitur yang tak kalah menarik.

Yang jadi pertanyaan untuk yang belum kenal dengan OS ini "Kenapa kalian memakai Linux Ubuntu 12.10?"
Alasanya :

  1. Bebas virus, virus mungkin saya kira lebih rentan pada produk dari Microsoft ketimbang Linux mungkin karena masih minim yang memakai Linux jadi mereka cenderung membuat virus untuk produk-produk Microsoft.
  2. Tiga Dimensi untuk hardware pada Linux ini biar pun bisa dipakai pada spek rendah boleh dibandingkan oleh OS lainya. 
  3. Ubuntu kompatibel dengan hampir semua perangkat keras terbaru bisa digunakan dikarenakan dukungan dari vendor-vendor dari perangkat keras tersebut.
  4. Aplikasi-aplikasi pun sudah mulai banyak yang memungkinkan untuk di install ke Linux ini mungkin sedikit berkembang karena bebas virus otomatis programmer dan user pun jadi terinspirasi untuk pindah.
  5. Komunitas Linux di Indonesia sangat berkembang yang mempunya tujuan dan inovasi untuk mengembangkan OS Linux Ubuntu ini. 
  6. Mungkin dikemudian hari Linux ini bisa menggantikan Microsoft karena Linux ini aplikasi-aplikasi yang ditawarkan tidak berbayar otomatis dengan tidak memikirkan biaya untuk kemudian hari Linux bisa merajai Sistem Operasi di masa yang akan datang.
  7. Terakhir, Menurut saya tampilan wallpaper yang diberikan dengan nuansa rapih dibanding Windows 8 yang berantakan dan membuat bingung bila tak ada tutorialnya.

Pasti ada juga yang tidak memakai "Kenapa kok Anda tak memakai Ubuntu 12.10?"
Alasanya : 

  1. Aplikasi yang dipakai beda dengan Windows yang lebih farmiliar padahal banyak cara yang bisa digunakan untuk mengakalinya.
  2. Pengguna Linux terbilang masih minim di Indonesia jadi apabila dipakai pun kalau nanti ada masalah sulit untuk mengatasinya sendiri.
  3. Di bidang pendidikan untuk Linux ini masih sebagian kecil sekolah atau Perguruan tinggi yang memakainya otomatis mereka lebih memilih Sistem Operasi Windows yang memang sudah dipelajari dari kecil.
  4. Malas, Untuk mempelajari lebih dalam itu terkadang malas dan terlalu menganggap enteng masalah mungkin bilang (Ngapain ribet-ribet udah ada Windows pake Linux).

B. Windows 8

Windows bagi kalian yang tak kenal maupun kenal pun pasti tahu sedikit banyaknya tentang produkan asal Microsoft yang sudah farmiliar. Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik GUI (Graphical User Interface). Windows 8 sendiri merupakan rilisan terbaru dari sistem operasi Windows, yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis seperti desktop, laptop, tablet dan PC home theater. Windows 8 dimulai sebelum rilis pendahulunya di tahun 2009. Keberadaannya pertama kali diumumkan di CES 2011, dan diikuti oleh rilis dari tiga versi pre-release dari September 2011 sampai Mei 2012. Sistem operasi ini dirilis untuk manufaktur pada tanggal 1 Agustus 2012, dan dirilis untuk ketersediaan umum pada tanggal 26 Oktober 2012. 

Apa yang disajikan dan diperlihatkan dalam Windows 8?

  1. Windows 8 ini sebenarnya lebih cocok jika lawan mainya Sistem Operasi seperti Android dan Blackberry sebab menurut saya sendiri menu yang disajikan lebih disandarkan kepada layar sentuh ya otomatis mengarah ke smartphone yang sekarang lagi gencar-gencar mengeluarkan produk-produk layar sentuh serta kualiatas dan model tak kalah dibekali.
  2. Untuk Bootingnya sendiri bisa dibilang Windows 8 tercepat diantara OS lainya dengan sistem security bila ingin masuk ke windows tersebut haru melalui Log in ya otomatis dengan kata sandi user pengguna tersebut.
  3. Aplikasi-aplikasi langsung tersedia ketika masuk di dekstop dengan type kotak-kotak dengan simbol gambar. Bagi yang tak biasa bingung saya pun bingung.
  4. Bagi yang senang untuk berselancar di dunia maya kayanya kalau Windows 8 ini mungkin alternatif selain Sistem Operasi Linux karena baru di install saja sudah banyak disajikan untuk berselancar ke dunia maya browser, seacrh, musik, video dll.
Yang harus diperhatikan :
  1. Tombol start tidak ada, jadi untuk yang terbiasa dari Windows 7 rada bingung kemungkinan.
  2. Mengeluarkan program agak sulit kalau menurut saya ini Sistem Operasi kaya mempunyai dua(2) dekstop ada kotak-kotak dan yang satu lagi seperti windows 7.
  3. Bagi gamers lebih memilih Xp atau Win 7 yang simpel mungkin menurut saya begitu dan lebih mudah untuk di modifikasi.

Dari penulis sendiri Saya lebih memilih untuk memakai produk dari Microsoft sendiri karena untuk aplikasi mudah ditemukan walau berbayar tapi namanya juga orang indonesia masih ada "crack" kenapa takut bayar kalau bisa gratis. Tapi Saya sendiri ingin mempelajari Linux apabila sudah lulus dari perkuliahan karena semakin berkembangnya Linux jadi lebih penasaran untuk memasuki dunia era Linux. 



Referensi :
  • http://www.gaptek.info/pengertian-windows-8.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Windows
  • http://www.belocus.com/2012/10/anda-takut-ubuntu-1210-quantal-quetzal.html
  • http://semangatku.com/737/teknologi/mengenal-sistem-operasi-ubuntu-linux/
  • http://permatatechnology.com/content-artikel-169-kelebihan-ubuntu-dibanding-windows.html#.UU0NoRfQkwY
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu





Tidak ada komentar:

Posting Komentar