Senin, 25 Maret 2013

Lan Vs WLan

Saya akan membandingkan kurang dan lebihnya antara Lan dan WLan. Keduanya merupakan jaringan hanya berbeda jenis yang Lan memakai kabel sedangkan WLan memakai koneksi Wireless (tanpa kabel).

I. LAN
LAN(Local Area Network) adalah suatu jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lainya dengan memakai alat bantu Kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair) kalau yang tidak tau sebut saja Kabel Telepon yang kaya dirumah. LAN ini biasanya dipakai di perkantoran, warnet, perbankan, dan perusuhaan. Banyak yang bilang LAN ini ribet harus pake kabel cuma tunggu dulu. Kalau berbicara tentang kelebihanya transfer datanya lumayan cepat karena cakupanya sempit atau hanya daerah sekitar yang terkoneksi pada LAN tersebut. Untuk di Warnet sendiri saya rasa lebih nyaman memakai jaringan kabel ini biayanya pun bisa di pangkas dibanding WLAN yang masih lumayan mahal. Modalnya hanya kabel UTP untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainya dan tak kendala putus-putus yang biasanya ditemukan pada WLAN.


II. WLAN
WLAN (Wireless Local Area Network) atau jaringan LAN nirkabel(tanpa kabel) adalah suatu jaringan dimana untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainya itu tak memerlukan kabel tapi bisa menggunakan komputer server atau dengan menggunakan alat pemancar yang saya menyebutnya Router sebagai pusat transfer data. WLAN ini jaringannya lumayan luas dibandingkan dengan LAN. WLAN ini sekarang banyak dipakai apalagi kemajuan teknologi yang sangat pesat. Misal untuk bermain game dota dengan menggunakan laptop, dengan menggunakan satu laptop untuk menjadi server dan yang lain hanya tinggal menyambungkan ke server tinggal bermain tanpa harus mengeluarkan kabel. Tapi, masalahnya sekarang apabila server itu tidak kuat untuk transfer data otomatis mengganggu jalannya arus data yang biasa kita bilang lemot dan berujung pada disconnect(terputus). Mengatasinya dengan menggunakan server yang agak kuat dan stabil untuk transfer data. Tembuk pun berpengaruh karena arus data dengan signal digital yang apabila tembok terlalu rapat atau tebal bisa mengganggu jalannya arus data itu sendiri. Kalau memang memakai WLAN pintar-pintar untuk memasang server atau komputer server karena berpengaruh dengan kecepatan transfer datanya. 

Kalau membandingkan secara umum LAN maupun WLAN ini mempunyai kelebihan dan kelemahanya masing-masing tinggalah kita untuk memilih menggunakan yang mana. Kalau penulis sendiri lebih memilih untuk menggunakan WLAN yang tidak ribet membawa kabel biarupun resikonya kadang terputus dan cenderung transfer data tak stabil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar