Jumat, 29 Maret 2013

MY PI : Aplikasi sederhana untuk rumahan

Menjelang 6 semester di Universitas Gunadarma akhirnya dinanti dengan PI(Penulisan Ilmiah) kalau saya menyebutnya skripsi pertama. PI yang saya ingin kerjakan adalah tentang penerapan dengan sistem pembayaran ongkos sewa tempat tinggal. Maav untuk judul tak disebutkan karena takut terjadi kecolongan judul PI. Saya buat ini karena saudara saya mempunyai kontrakan yang terkadang saya mengurusnya tak jarang ada penghuni kontrakan yang nakal. Untuk itu aplikasi ini saya ingin ciptakan. Untuk pembuatan saya ingin memakai visual basic atau visualbasic.NET. Cara kerja yang ingin saya ciptakan :
  1. Database yang menyimpan data para penghuni kontrakan. Ini saya maksudkan agar pada masing-masing penghuni kontrakan agar mempunyai data lengkap yang bisa dipertanggung jawabkan bila bermasalah pada nantinya
  2. Notifications (pemberitahuan) dibuat agar admin (sang pemilik) dapat mengetahui batas-batas tanggalan yang sudah disepakati antara pemilik dan penghuni. Disini penting karena saya ingin buat kalau bagi mereka yang tidak menanggapi maka kontrakan akan di lock(kunci) otomatis dengan alat. Didorong dengan peralatan yang mampu bekerja instan dengan timing maupun manual
  3. Dalam sistem ini saya ingin membuat database juga bagi penghuni yang nakal misal dengan penerapan Blacklist. Untuk selanjutnya dalam pengembangan apabila aplikasi ini sudah jadi bisa digunakan secara universal atau seperti sistem bank yang dikenalkan dengan sistem Blacklist.
  4. Aplikasi ini saya masih belum memikirkan untuk biaya listrik karena listrik sendiri pun sudah memakai pulsa atau saldo jadi lebih praktis memakai yang itu daripada yang pascabayar. Pemilik pun agak sedikit tenang.

Yang diatas adalah sebagian ide yang ingin saya pakai dalam PI saya. Untuk kelancaran untuk tercipta aplikasi ini mohon-mohon dibantu dengan Doa, Kerjasama antar kelompok Khusus anggota Kelompok B di 3KA03 dan bimbingan dari Dosen pembimbing. Untuk sebuah IDE dibutuhkan kreatifitas & kreatifitas tak berguna bila tak ada niat untuk memulainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar